Polres Maluku Barat Daya Gelar Latihan Baris Berbaris Guna, Tingkatkan Disiplin, Jiwa Korsa dan Kekompakan Personel

 

Polres Maluku Barat Daya – Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kekompakkan personel Polres Maluku Barat Daya, selepas apel pagi digelar latihan baris berbaris di halaman Mapolres Maluku Barat Daya pada Rabu pagi (21/06/2023).

Pelaksanaan latihan baris berbaris ini dipimpin oleh Kabag SDM Polres MBD AKP. Franklin Pattinasarani, sebelumnya seluruh personel diberikan penyegaran mengenai materi pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang bersumber pada Peraturan Dasar Kepolisian (Perdaspol) .

Dalam kegiatan tersebut dilakukan latihan Baris-berbaris menggunakan Senjata Api Laras Panjang dengan melakukan gerakan dasar seperti : sikap sempurna dengan menyandang Senpi didepan dada, istirahat ditempat, hadap kiri dan kanan, hadap serong kiri dan kanan, sikap langkah tegap dan hormat senjata.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K mengatakan, “ Latihan PBB yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan disiplin, kebersamaan dan kekompakkan dalam pergerakan pasukan dan hal tersebut sekiranya dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian dalam hal memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat secara maksimal. “

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, “ selaku prajurit Bhayangkara seyogyanya setiap personel harus mampu menguasai dan melaksanakan setiap gerakan dalam PBB secara baik dan benar, karena dalam melaksanakan baris berbaris tersebut terkandung nilai-nilai kedisiplinan dan loyalitas melalui setiap langkah yang seragam dan seirama yang dibarengi dengan kekompakkan. “

“ jadi gerakan baris berbaris yang dipraktekkan sesuai Perdaspol apabila dipraktekkan dengan sungguh-sungguh dalam pelaksanaan tugas di lapangan akan berdampak positif dan sesuai dengan harapan masyarakat bahwa Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tanpa pamrih serta selaku penegak hukum yang dapat dipercaya. “ ujar Kapolres MBD.

Kapolres juga menambahkan, “ Dalam pelaksanaan latihan tersebut, setiap personel diajarkan bagaimana seharusnya berkonsentrasi dalam mendengarkan aba-aba kemudian merespon dengan cepat dan membuat gerakan sesuai instruksi yang diterima guna menghindari kesalahan ketika bergerak dalam pasukan. “

“ Saya berharap agar personel dapat menyerap makna dari latihan ini serta dapat mengaplikasikan dilapangan, sehingga diharapkan tidak lagi ada anggota yang melakukan pelanggaran disiplin maupun perbuatan pidana yang nantinya dapat merugikan Institusi Polri, baik diri sendiri maupun keluarganya. “ tutup Kapolres MBD.

Related posts